Asiknya Perjalanan ke Hulu Mahakam

Standard

Selama seminggu hidup di kapal bersama teman-teman…asyik banget menempuh perjalanan menuju Hulu Mahakam yang sebelumnya Q ga pernah kesana. Udah githu gratis lagi (yang gratis cuma 4 orang–> asyik banget kan??)…itupun karna jadi asisten dosen (Kemana-mana dosen pergi..ngikut, coz dosenx bawa kamera he…he…he..)

Q mengujungi Long Bagun sampe di daerah itu malam ..tapi, emang dari sonox beruntung truz ..Q berkesempatan untuk melihat upacara belian / upacara pengobatan (kepercayaan suku dayak) + sampe puas bermain air di Waterpack (Orang Sono menyebutnya..) di Hutan Pendidikan Long Bagun. Dari Mulai meluncur.. ampe kecebur…Ampe kelelep. Untung Q punya Hero (temen2 Q dari mapflofa–> Tony, Tikno, Gokil, Danang Ndut n Ekky).. yang cepat tanggap kalo ada yang tenggelam (coz ga bisa berenang,,,) kaya film baywatch githu..

Puas maen air di long bagun , perjalanan kembali di lanjutkan ke HPH Ratah Timber..dalam perjalanannya Q melewati batu dinding (tebing2 kapur tinggi yang terlihat lubang-lubang yang katanya adalah kuburan..kaya di Toraja gitu..). Di Ratah Timber melakukan diskusi, tapi Q dan sobat2 ketinggalan…tapi, ga apa karna ga ketinggalan makan malam gratisnya… (Uuh…selalu beruntung :-)).. Abis dari situ lanjuut lagee… ke Long Iram karena esoknya mau maenan ke SMU dsana sambil ngenalin “Si Fahutan Unmul ” yang masih malu-malu kucing..minta dikenalin.

Selesai dosen Q cuap-cuap…di SMU, Q n yang laennya long march ke danau Gap. Ya bener aja namanya danau gap…krna sampai disana megap-megap kecapaean (biz..jauh banget sich)..Dalam hatiku berkata ..(Ehh, mulutku juga ikut nyerocos sich…) bagus juga ni danau…keren! Tapi, dapet informasi kalau di danau itu banyak ikan tomangnya (predatornya pesut)…walah, jadi ga berani maen perahu nich…takut kecemplung di gigit ikan tomang (maklum, ga bisa berenang…). Tapi, tetep sempat foto di atas perahu.. walaupun no ekspresi.. (biz..ketakutan). Sampai jelek foto-fotoan di danau…back to ship ..eits tetep pake proses nyampe kesono (jalan kaki lagee…ampe megap-megap). Malam …nginap di Long Iram..

Esok lanjut Go to melak.. ke melak lewat jalan darat (pake truck..kaya sapi)… di Melak Q n temen2 kembali di suguhi tempat2 bermain air n foto2… Q sampai di Jantur gemuruh…wah seru bangetzz tuh air terjun (padahal dah ga punya celana n baju kering..) Tapi, tetep aje ngiler liat air terjun…ga seru kalau ga basah. puas maen n ambil gambar…perjalanan di lanjutkan ke Taman Nasional Kersik Luway (Surganya Anggrek)… tempatnya eksotis bangetz… Hamparan pasir putih dan bakau2 (Kaya di Pantai aja…padahal jauuuuuhhh banget dari pantai).. Disana banyak banget aneka macam anggrek n kantong semar… (Tetep sempat…foto ma Si “Semar”)…belum berakhir perjalanan karena akan segera melanjutkan perjalanan pakai kapal lagi ke Muara Pahu (Kawasan Konservasi pesut Mahakam)…sampe di sono ga nemu ma pesutnya…kayanya tuh pesut lagi pergi ke kondangan di suatu tempat dech…^_^

Dan akhirnya berakhirlah perjalanan yang menyenangkan ini (Gratisss…) Perjalanannya abiz…ya tulisannya juga abiz…

Esok-esok di lanjut lagee…

Rhes_Q

Perjalanan 27-1 juni 2008

Advertisements

2 thoughts on “Asiknya Perjalanan ke Hulu Mahakam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s