11.11.11

Standard

Sungai Karang Mumus-Lokasi Pelepasan Benih Ikan

Angka 11.11.11. merupakan angka yang cukup menarik, sehingga banyak orang/organisasi mengambil tanggal tersebut untuk mengabadikan moment mereka. Begitu juga dengan kawan-kawan di Kaltim yang mengambil tanggal 11-11-2011 untuk melaksanakan kegiatan penanaman, pembersihan sungai dan penebaran benih ikan di sungai Karang Mumus.  Karang Mumus sendiri merupakan salah satu daerah aliran  sungai dari Sungai Mahakam yang terletak di Samarinda, Kalimantan Timur.

Kegiatan dengan tema ” Sungai Beranda Kehidupan”, di laksanakan oleh Mapflofa Fahutan Unmul bekerja sama dengan IKA Fahutan Unmul. Ide awal penebaran benih ikan di karang mumus sendiri dicetuskan oleh raka Suprianto seorang kader konservasi yang ada di Kaltim.

Kegiatan 11.11.11 dimulai jam 08.00 pagi , dibuka oleh ketua IKA Fahutan Unmul yakni, Bang Darlis Pattalongi dan dihadiri oleh kawan-kawan partisipan yang akan ikut serta dalam kegiatan tersebut, seperti Dosen dari Fakultas Kehutanan, Anggota IKA Fahutan Unmul, Mapflofa Fahutan Unmul, KSR Unmul, Poliagro Samarinda, Politeknik Negeri Samarinda, DKP Kota Samarinda, Anggota Borneo Bird Community, dan banyak lagi kawan lainnya . Setelah pembukaan kegiatan berlanjut dengan penanaman, Pembersihan Sungai Karang Mumus dan pelepasan ikan dengan menggunakan  perahu ces dan ketinting (perahu yang ukurannya lebih besar dari kapal ces dan lebih tertutup).

Pembukaan acara oleh bang Darlis Pattalongi-Ketua IKA Fahutan Unmul. Pada acara “Sungai Beranda Kehidupan” di tanggal 11-11-2011

Benih Ikan yang dilepaskan sekitar 4000  dengan 2 jenis ikan Nila (Oreochromis niloticus)  dan Patin (Pangasius hypophthalmus) .Ikan-ikan ini dipilih, Selain karena kedua ikan ini bukan jenis predator , ikan tersebut dapat bertahan hidup pada kondisi air yang tidak terlalu bagus, juga dikarenakan tujuan dari kegiatan ini adalah mengikankan kembali Sungai Karang Mumus, sehingga bisa menarik perhatian publik untuk dapat lebih memperhatikan kondisi sungai Karang Mumus yang cukup memprihatinkan. Kedua jenis ini sebelumnya sudah ada di Sungai Karang Mumus, hal ini yang membuat kawan-kawan memilih kedua jenis tersebut. Jenis ikan lain yang ada di daerah Karang Mumus selain Nila dan Patin adalah seperti ikan sapu-sapu, gabus, nila dan timpakul. Memang tidak terlalu banyak, sepertiPesut (Orcaella brevirostris)  saja, yang merupakan species endemik Kaltim, sejak tahun 2000-an sudah tidak terlihat lagi di Hilir Sungai Mahakam, yang merupakan muara dari Sungai Karang Mumus. Namun, Pesut tetap masih bisa di jumpai di daerah hulu dari Sungai Mahakam.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s