Karst di Kalimantan Timur

Standard

Karst itu apa sih? buat kawan-kawan yang belum tahu, Karst adalah sebuah bentuk permukaan bumi yang pada umumnya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression), drainase permukaan dan gua. Daerah ini dibentuk terutama oleh pelarutan batuan, kebanyakan batu gamping. Ekosistem  karst sangatlah unik, pada kawasan karst kita akan banyak menemui sungai bawah tanah, dimana aliran sungai bawah tanah tersebut juga membantu memenuhi pasokan air tanah untuk dipergunakan oleh daerah sekitar, di bawah pegunungan karst. Nah, kawasan karst ini sudah terbentuk sejak 470 juta tahun lalu, yang artinya berjuta-juta tahun lalu pulau-pulau di Indonesia (selain Kalimantan, banyak juga daerah lain di Indonesia yang memiliki kawasan karst) pernah menjadi dasar laut, yang kemudian mengalami pengerasan.  Di Kalimantan Timur sendiri Ekosistem Karst yang merupakan areal-areal dengan lithologi dari bahan induk kapur dan lahan ini, sebagian besar kawasan Karst terdapat di semenanjung Sangkulirang, memanjang sampai ke Tanjung Mangkaliat dengan luas keseluruhan hanya 432.817 hektar (2,18% dari luas daratan Kaltim) dan yang masih baik seluas 293.747,84 hektar (67.86% dari luasan ekosistem karst)

Beberapakali perjalanan bolak-balik penerbangan yang menghabiskan waktu kuranglebih 45- 60 Menit dari Samarinda menuju Berau, ternyata baru saja kusadari ada keindahan pegunungan karst di bawah sana. Truzz..slama ini kemane aje?…hii..hii..tidur dengan sukses (maklumlah saya ini pemabuk sejati..mau perjalanan darat, air ataupun udara). Tapi, keindahan yang satu ini menyita seluruh perhatianku, bahkan tak ku hiraukan lagi pusingku, yang ada aku malah sibuk mencari kamera saku. Beruntung ada kamera saku yang tidak dimasukkan ke dalam box penyimpanan di pesawat. walaupun pegunungan karst panjang, runcing nan indah sudah terlewati …tak apa, masih ada hamparan pegunungan karst yang masih bisa diabadikan.

Dengan melihatnya saja, aku sudah mulai berfantasi untuk bisa melakukan ekspedisi ke kawasan tersebut. Pasti keren abis dah, kalaupun gak bisa ditempuh lewat darat…mungkin oke juga kalau bisa menggunakan helikopter untuk bisa sampai ke daerah tersebut (khayalan tingkat tinggi :-D). Buat temen-temen yang pengen lihat beberapa potret karst dan landscape yang coba ku ambil…walaupun hasilnya kurang maksimal nih (gak apa yahh ^^ ). Ayoo mongo atuhh dinikmati *_^ :

karst di Kalimantan timur-Indonesia

karst di Kalimantan timur-Indonesia

landscape hutan tropis borneo

 

landscape hutan tropis Kalimantan Timur - Borneo

 

Pembukaan Hutan untuk Lahan Perladangan

 

Daerah Aliran Sungai. Terlihat pada daerah kanan dan kiri sungai, tegakan pohon sudah mulai berkurang

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s