Perubahan Iklim

Standard

Saat ini  issu lingkungan tentang perubahan iklim dan pemanasan global (global warming) sedang menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan di berbagai belahan dunia. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan perubahan iklim dan apa itu pemanasan global. Secara terpisah Iklim sendiri memiliki pengertian keadaan rata-rata cuaca dari suatu wilayah yang luas dan diperhitungkan dalam jangka waktu yang lama. Sedangkan Pemanasan Global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi akibat dari meningkatnya gas rumah kaca yang berasal dari aktivitas manusia. Lalu kenapa perubahan dari iklim, menjadi issu yang demikian hangat diberbagai dunia? Hal tersebut menjadi sangat penting hingga menjadi perhatian bagi dunia, karena Perubahan iklim dipandang sebagai ancaman serius pada terhadap pembangunan berkelanjutan. Untuk Pemerintah tentu ini merupakan kerja berat, agar bisa melakukan langkah-langkah antisipasi baik untuk melakukan pemulihan kondisi lingkungan yang terlanjur rusak dan mencari solusi bagaimana menanggulangi dampak perubahan iklim tersebut.

Ada berbagai upaya yang dilakukan baik dari instansi pemerintah atau lembaga non pemerintah, banyak pula inisiatif dari luar Indonesia untuk mitigasi perubahan iklim, salah satu contohnya adalah REDD+ (Reducing Emission from Deforestation and Degradation), sedangkan program-program yang ada di Indonesia sendiri ada banyak macamnya, mulai dari Pembangunan rendah emisi di Kaltim, Hutan Desa, PHPL, Konservasi  Gambut, PKHB (Program Karbon Hutan Berau), HoB, Konservasi Tumbuhan dan Satwa dan banyak lagi macamnya. Kegiatan-kegiata tersebut, diharapkan mampu menahan laju perubahan iklim dan bisa meminimalkan dampak dari perubahan iklim tersebut.

Selain hal-hal besar yang sedang berusaha dilakukan, kita juga bisa secara pribadi mulai berbuat untuk lingkungan.

Perubahan gaya hidup, menjadi penting untuk dilakukan. Mulailah meninggalkan perilaku konsumtif, dengan mengurangi sampah plastik (diet plastik), membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan, Menanam bibit pohon untuk masa depan, Mematikan lampu yang tidak diperlukan di malam hari, Mencabut charger handphone ketika telah selesai digunakan, Menggunakan kertas untuk print dua sisi, Membawa air minum dengan tumbler/botol minum pribadi, Kurangi dan mengganti tisue dengan saputangan atau handuk kecil, tidak selalu menggunakan kendaraan saat keluar rumah, jika tempat yang dituju masih terjangkau, Memisahkan sampah organik dan organik untuk kemudian dikelola kembali baik secara pribadi ataupun melalui bank sampah. Ada banyak hal kecil yang bisa kita lakukan bukan?Yuk, mulai dari sekarang ubah gaya hidup kamu menjadi lebih HIJAU!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s